Kampanye cuci tangan,kembali memberi kesadaran kepada masyarakat

0
317
views

Hari rabu 5 Mei yang bertepatan dengan hari cuci tangan sedunia, kampanye OMNI Hospitals untuk menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan menjadi prioritas seiring dengan mewabahnya virus Corona (COVID-19). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau setiap orang untuk selalu mencuci tangan demi mencegah penyebaran COVID-19. Hal ini termasuk membersihkan tangan secara teratur dan menyeluruh dengan sabun atau cairan berbasis alkohol. Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan cairan pembersih berbasis alkohol bisa membunuh virus yang mungkin ada di tangan. Serta, dapat membuat tetap sehat dan mencegah penyebaran infeksi virus dari satu orang ke orang lain. Hari ini, tepat pada tanggal 5 Mei 2020, diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Hand Hygiene Day. Munculnya peringatan hari ini, memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai manfaat dari mencuci tangan dengan sabun.

Lebih jauh, salah satu kampanye yang dilakukan OMNI Hospitals saat hari cuci tangan sedunia adalah mengajak pasien untuk menjadi teladan dengan mencuci tangan dengan sabun secara benar

Tahun ini, tema kampanye “SAVE LIVES: Clean your Hands”, yang selaras dengan Tahun Perawat dan Bidan, bertujuan untuk mengenalkan perawat dan bidan sebagai pahlawan garis depan yang pantas mendapatkan pengakuan dan penghargaan, serta menyoroti peran penting mereka dalam pencegahan infeksi penyakit. Tujuan utama kampanye Global Hand Hygiene Day adalah untuk menyadarkan bahwa mencuci tangan adalah salah satu tindakan paling efektif yang dapat dilakukan untuk mengurangi penyebaran patogen dan mencegah infeksi, termasuk virus COVID-19. Petugas kesehatan dan anggota masyarakat juga dapat berperan dalam mencegah infeksi dengan melakukan cuci tangan secara teratur dan sering. Sebagai bagian dari kampanye 2020, WHO dan mitra berkomitmen untuk: Menjadikan kebersihan tangan sebagai prioritas global Menginspirasi kebersihan tangan dan perubahan perilaku Terlibat dengan petugas kesehatan dalam peran mereka dalam perawatan bersih dan pencegahan infeksi. Kampanye ini sekaligus dijadikan sebagai alarm untuk para pembuat kebijakan untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi perawat dalam upaya meningkatkan kinerja mereka. Selain itu, WHO juga menyerukan kepada pihak-pihak yang berjuang dalam pencegahan dan pengendalian infeksi penyakit, untuk turut memberdayakan perawat dan bidan dalam memberikan perawatan yang bersih. Kampanye ini sekaligus bagian dari ajakan untuk memberi dukungan kepada perawat dan bidan dengan cara:

Berbagi kampanye dengan mempromosikan materi kampanye yang tersedia di situs web kampanye. Mengambil bagian dalam #SafeHands Challange dari WHO Bertepuk tangan untuk perawat dan bidan pada siang hari tanggal 5 Mei untuk mengucapkan terima kasih dan mengakui peran penting mereka dalam memberikan perawatan yang bersih. Ambil video atau gambar dan bagikan di saluran media sosial Anda dengan tagar #HandHygiene, #SupportNursesandMidwives.