Hati-Hati dan Waspadai Serangan Jantung Saat Berlari

0
263
views

Olahraga lari saat ini sangat digemari oleh masyarakat, terlepas kedengarannya sederhana dan tak perlu menyiapkan banyak peralatan. Sebenarnya, olahraga lari sangat baik untuk kesehatan jantung. Berdasarkan studi dari Journal of American College of Cardiology menyebutkan bahwa lari 30 – 59 menit per minggu dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 58%, dibandingkan mereka yang tidak berlari sama sekali.
 

Meskipun olahraga ini baik untuk kesehatan jantung, Anda juga perlu memperhatikan kesehatan tubuh terlebih dahulu sebelum memulai olahraga lari terlebih lagi untuk lari marathon. Seperti yang pernah kita dengar bahwa sering terdapat pelari yang mengalami serangan jantung saat berlari bahkan ada yang sampai berujung pada kematian. Hal ini dapat terjadi pada siapa pun bahkan pada mereka yang usianya masih muda. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah kelainan jantung bawaan dan kelainan genetik yang disebut kardiomiopati hipertrofi. Kardiomiopati hipertrofi adalah kelainan yang menyebabkan otot jantung (miokardium) menebal dengan tidak normal sehingga jantung sulit memompa darah

Oleh karena itu, sebelum Anda berlari khususnya lari jarak jauh, sebaiknya lakukan konsultasi dengan Spesialis Jantung untuk memastikan Anda dalam kondisi aman untuk berlari.