Sadari dan Cegah bahaya Kanker Payudara

0
25
views

Pavidask Healthy –┬áKanker payudara adalah kanker yang sering ditemukan di dunia yaitu lebih dari satu juta kasus setiap tahunnya. Kanker payudara menduduki posisi pertama sebagai penyebab kematian akibat kanker pada kaum wanita di dunia dan Indonesia. Diperkirakan angka kejadian di Indonesia adalah 12 per 100.000 wanita. Penyakit ini juga dapat diderita kaum laki-laki dengan frekuensi sekitar 1%. Di Indonesia, lebih dari 80% kasus ditemukan pada stadium yang lanjut sehingga upaya pengobatan sulit dilakukan.

Kanker payudara merupakan keganasan pada jaringan payudara yang menginvasi dasar membran kelenjar serta berpotensi untuk menyebar ke kelenjar getah bening dan bagian tubuh lainnya. Menemukan kanker payudara secara dini bukanlah sebuah faktor kebetulan atau nasib, melainkan adalah tanggung jawab dari para wanita dan dokter. Wanita harus mengetahui keadaan normal payudara sehingga dapat menyadari adanya perubahan pada payudaranya. Sedangkan bagi pihak medis, menemukan kanker secara dini membutuhkan upaya terpadu dan berkesinambungan untuk skrining dan deteksi dini kanker payudara.

Faktor risiko kanker payudara antara lain adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi kemungkinan seseorang menderita kanker payudara. Beberapa faktor risiko tidak dapat diubah sepertu usia atau riwayat keluarga, tetapi ada juga faktor risiko yang berhubungan dengan gaya hidup seperti merokok dan minum alkohol. Berikut adalah faktor risiko yang penting untuk kanker payudara:

LEAVE A REPLY