7 Fakta Mengapa Agus Prayogo Bisa Langganan Juara

0
349
views
pavidask agus prayogo

PAVIDASK – Kamu yang mengaku pecinta olahraga lari tentu sudah akrab dengan sosok yang satu ini. Coba tebak siapa dia. Ya, tepat sekali, Agus Prayogo.

Agus Prayogo adalah pria kelahiran Bogor tanggal 23 Agustus 1985 yang berprofesi sebagai atlit lari jarak jauh kebanggan Indonesia yang sudah sangat sering keluar sebagai juara dalam setiap pertandingan. Pemilik tinggi badan 172 cm ini berhasil membawa pulang medali emas untuk nomor lari 10.000 meter yang dihelat di Stadion Bukit Jalil dalam ajang SEA Games 2017.

Keluarnya Agus Prayogo sebagai juara tentu tak lepas dari perjuangannya dalam mengalahkan para kompetitor. Pria yang pernah mengenyam Pendidikan Militer Secaba Rindam IV Diponegoro ini unggul 13 detik dibanding kompetitor asal Vietnam, Nguyen Van Lai dengan perolehan waktu 30 menit dan 22,26 detik.

Dari sekian banyak ajang maraton atau lari jarak jauh, Agus Prayogo hampir selalu keluar sebagai juara sehingga beragam medali telah berhasil ia koleksi. Dibalik kesuksesannya ini ada 7 fakta yang beliau bagikan. Siapa tahu bisa kamu tiru untuk jadi the next Agus Prayogo. Apa saja ketujuh fakta tersebut?

Menjadi atlit sejak Porseni SD

Masa kecil Agus dihabisakan layaknya anak-anak seusianya yang gemar bermain layangan, kelereng, atau permainan musiman lainnya.

Karirnya dalam bidang olahraga lari dimulai ketika ia terpilih dalam seleksi Porseni saat ia masih kelas 5 SD. Ajang lari perdananya ini membuahkan hasil yang tidak diduga-duga dimana Agus dinobatkan sebagai juara pertama.

Ternyata Agus sudah aktif di klub lari sebelumnya dan terus menekuni bidang ini seperti yang disarankan oleh gurunya saat itu. Karena kecintaanya pada bidang ini, ia bahkan tetap bertahan meskipun teman-teman di klub tersebut satu persatu memilih untuk hengkang.

 

Sempat gagal di ajang berikutnya

Menginjak SMP Agus kembali mencoba peruntungan dengan mengikuti POPDA. Tidak semujur pertandingan sebelumnya, kali ini Agus tidak berhasil meraih gelar juara.

Menariknya ada pelajaran yang bisa ia ambil dimana informasi seputar klub lari yang potensial menjadi bertambah. Hal inilah yang mendorongnya untuk pindah ke Salatiga demi bergabung ke dalam klub tersebut.

Meski diterima, Agus tak lantas langsung terpilih sebagai pelari inti. Sebaliknya ia dipilih sebagai sparing partner pelari nasional wanita saat itu, Ruyati.

 

Kembali juara dan ikut serta di SEA GAMES

Agus kembali menggondol gelar juara dalam keikutsertaannya dalam ajang POPNAS untuk nomor 5.000 meter. Kemenangan ini membuka pikirannya bahwa ia memiliki potensi untuk

menjadi pelari jarak jauh yang potensial.

Prestasi demi prestasi terus ia torehkan hingga akhirnya ia diberikan kepercayaa oleh Pemerintah untuk diikutsertakan dalam ajang akbar SEA GAMES. Meski tak dinyatakan sebagai juara, Agus dinobatkan sebagai personal best untuk nomor 5.000 meter.

 

Nomor spesialis

5.000 meter, 10.000 meter dan maraton atau lari jarak jauh adalah nomor spesialis bagi atlit keturunan Jawa ini.

 

Metode latihan

Agus biasa membagi latihan setiap hari pagi dan sore dalam seminggu. Variasi ini dibagi-bagi sesuai fokus jenis lari yang ia tekuni.

 

Perlengkapan wajib latihan

Selain pakaian dan sepatu, peralatan wajib bagi seorang Agus Prayogo adalah jam GPS. Menurutnya jam GPS ini akan sangat membantu baik pada saat latihan maupun saat perlombaan berlangsung.

 

Jam tangan sport favorit

Agus Prayogo tak pernah salah memilih sportwatch yang tepat dan mampu memenuhi kebutuhannya. Agus menjatuhkan pilihan pada Garmin yang sudah terkenal sebagai produsen smartwatch berkualitas premium dengan harga yang rasional.

Hingga kini Agus sudah mengoleksi 4 unit Garmin, yaitu Forerunner 35, Forerunner 235, Forerunner 620, dan Fenix 5S Sapphire. Agus sangat merekomendasikan sportwatch ini yang kaya akan fitur olahraga. Dengan fitur Heart Rate, pengguna dapat memantau intensitas detak jantung per menit. Fitur ini sangat diperlukan pada saat lari atau aktivitas biasa sekalipun.

Wah ternyata seorang atlit professional sekelas Agus Prayogo juga setia menggunakan Garmin ya. Kamu bercita-cita seperti beliau? Jangan pernah bosan latihan ya. Kamu juga bisa banget meniru tips yang Agus berikan dengan memilih jam tangan olahraga terbaik produksi Garmin.

Kenapa Garmin menjadi jam tangan sport terbaik? Karena seperti yang telah diungkap di atas bahwa jam tangan ini dibekali fitur yang amat kaya namun dari sisi harga relatif terjangkau. Jadi, bijak-bijaklah dalam memiilih gadget yang tepat. Gadget yang tepat akan membantu kamu mencapai target yang diinginkan dan Garmin adalah jawabannya.

LEAVE A REPLY