5 Manfaat Lari Untuk Kesehatan Manusia

0
273
views
The runner

Pavidask РLari adalah jenis olahraga yang praktis dilakukan namun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

garmin indonesia pavidask runner olahraga lari

Apakah Anda termasuk kategori orang yang senang berolahraga? Jika iya, Anda sangat beruntung. Namun jika tidak, Anda kami rekomendasikan untuk membaca artikel ini hingga akhir karena kami ingin mengajak Anda untuk memulai pola hidup sehat.

Olahraga ada banyak jenisnya, salah satunya adalah olahraga lari. Ya, jenis olahraga inilah yang akan kami bahas pada artikel ini.

Mengapa lari? Karena olahraga ini relatif mudah dilakukan dan tentu saja murah karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

Olahraga adalah aktivitas melakukan gerakan-gerakan fisik pada sebagian atau seluruh bagian tubuh. Olahraga sebenarnya merupakan kebutuhan bagi setiap manusia, namun sayangnya tidak semua orang menyadari betapa pentingnya aktivitas ini.

Alasan umum yang membuat seseorang tidak berolahraga adalah karena faktor kesibukan, rasa malas, takut bobot tubuh berkurang, takut kulit menjadi gelap karena terpapar sinar matahari secara langsung (olahraga outdoor), takut lelah, atau sakit.

Padahal jika Anda tahu manfaat yang sangat besar berikut Anda tidak akan melewatkan sehari pun untuk absen berolahraga. Berikut kami rangkum 5 manfaat olahraga lari bagi kesehatan :

  1. meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh

Sebuah riset dari State University of New York menunjukkan bahwa kejadian positif mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga dipercaya sebagai salah satu kejadian positif yang dimaksud dalam riset tersebut.

2.  terhindar dari stress

Berlari membuat sistem pernapasan bekerja dengan maksimal ketika menghirup dan mengeluarkan udara.

Ketika pernapasan bekerja secara optimal, Anda dapat dengan lebih mudah untuk terhindar dari stress.

3. meningkatkan kinerja otak

Anda merasa otak Anda lemah dalam merespon perintah atau saat digunakan untuk berpikir? Mungkin Anda jarang berolahraga.

Tahukah Anda bahwa olahraga juga mampu meningkatkan kinerja otak hingga beberapa tingkat lebih tinggi? Hal ini dikarenakan sirkulasi darah menjadi lebih baik ketika dan sesudah Anda berolahraga.

  4. pencernaan lebih sehat

Meningkatnya metabolism tubuh pasca berolahraga juga berdampak positif pada kualitas pencernaan.

5. meminimalisir resiko diabetes

Hanya dengan berlari Anda telah memangkas resiko terkena diabetes atau penyakit gula darah hingga 50 persen. Pada saat berlari, sistem koordinasi tubuh akan turut terlatih, manfaat olahraga tidak terbatas pada 5 poin di atas saja. Ada banyak sekali manfaat lain dari olahraga, kami hanya menyajikan 5 manfaatnya secara umum bagi kesehatan.

 

LEAVE A REPLY