4 Cara Bersepeda Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan

0
9369
views
garmin indonesia pavidask balap sepeda

PAVIDASK – Bersepeda yang benar dapat menjadi cara alami untuk menurunkan berat badan

Berat badan berlebih masih menjadi permasalahan banyak orang, terutama kaum wanita yang cenderung sangat memperhatikan penampilan. Banyak cara yang ditempuh, mulai dari yang alami hingga yang instan.

Fenomena ini menjadi lahan bagi produsen produk-produk diet untuk mengeruk keuntungan karena pangsa pasarnya yang relatif besar. Yang perlu menjadi catatatn, segala sesuatu yang instan umumnya memiliki dampak yang tidak baik, meskipun hasilnya diklaim relatif lebih cepat.

Dari pada menempuh hal-hal yang berisiko, lebih baik Anda menempuh cara yang aman bagi kesehatan organ tubuh. Salah satu cara aman yang bisa Anda pilih adalah dengan bersepeda.

Anda senang bersepeda? Atau Anda terbiasa menggunakan sepeda ketika pulang dan pergi ke sekolah dasar dulu?

Di luar negeri bersepeda menjadi tren transportasi untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai sarana untuk menuju kantor tempat bekerja. Kali ini kita akan mengajak pembaca bernostalgia pada masa kecil yang menyenangkan.

Bersepeda adalah olahraga yang menitikberatkan pada gerakan kaki karena aktivitas ini mengharuskan kaki Anda untuk mengayuhnya agar tetap bergerak. Lalu bagaimanakah cara bersepeda yang benar untuk menurunkan berat badan? Berikut kita sajikan 10 cara bersepeda yang benar untuk menurunkan berat badan:

  1. Rutin

Untuk hasil yang maksimal, olahraga apapun harus dilakukan dengan rutin. Dari pada bersepeda seminggu sekali dengan durasi 3 jam, lebih baik bersepeda 3 kali seminggu dengan durasi satu jam pada setiap sesinya.

Bersepeda yang baik adalah yang dilakukan secara rutin. Jadwalkan kegiatan bersepeda harian Anda. Anda juga bisa bersepeda di luar waktu khusus untuk berolahraga, misalnya ketika harus pergi berbelanja di pasar atau ketika berangkat dan pulang kerja.

Agar kegiatan bersepeda Anda lebih menyenangkan, Anda bisa mengajak teman-teman atau keluarga untuk bersepeda bersama. Dengan cara ini Anda bisa bersepeda sambil bertukar cerita sehingga rasa lelahnya tidak akan terasa.

Alternatif lain adalah dengan bersepeda di Car Free Day. Meskipun Anda mungkin tidak saling mengenal, tapi setidaknya suasana olahraganya akan sangat terasa.

  1. Variatif

Cara bersepeda yang baik berikutnya adalah dengan melakukan variasi.

Maksudnya adalah melakukan peningkatan jarak tempuh. Jika pada hari pertama Anda hanya menempuh jarak sejauh 3 kilometer, maka pada hari berikutnya Anda bisa menempuh jarak yang lebih jauh, 5 kilometer misalnya.

Jangan paksakan diri untuk langsung menempuh jarak yang jauh. Fisik Anda harus beradaptasi terlebih dahulu agar Anda tidak jera untuk terus bersepeda.

  1. Tempuh Jarak Jauh

Poin ketiga ini bisa dikatakan sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Untuk dapat menurunkan berat badan, Anda perlu bersepeda dengan jarak tempuh yang jauh agar pembakaran kalori dan lemak bisa lebih optimal.

Artinya semakin jauh jarak yang Anda tempuh maka akan semakin besar kemungkinan Anda untuk lebih cepat kurus.

  1. Jauhi Asupan Berkalori Tinggi

Bersepeda, atau olahraga apa pun itu sejatinya memang akan membuat tubuh lelah. Hal inilah yang membuat sebagian orang memilih minuman berkalori saat berolahraga. Padahal cara ini salah.

Tubuh memang membutuhkan kalori, tapi dalam batas yang wajar. Olahraga sendiri adalah cara untuk mengurangi asupan kalori berlebih.

Jika fisik mulai terasa lemas, istirahatlah sejenak hingga tenaga Anda pulih. Bila Anda haus, minumlah air putih atau air mineral untuk merehidrasi tubuh.

Ingatlah bahwa bersepeda yang baik bukan berarti Anda harus terlalu memforsir tenaga.

Kayuhlah sepeda Anda di medan yang lebih berat, misalnya di daerah perbukitan terjal. Medan yang terjal akan meningkatkan beban otot sehingga kalori dapat terbakar lebih banyak.

Cara ini memang akan membuat fisik jauh lebih cepat lelah, namun efeknya sangat baik untuk mengurangi bobot badan yang berlebihan.

Garmin Forunner 920 xt, Jam tangan garmin multisport berbalut gps dengan dinamik lari dan dapat juga berfungsi untuk bersepeda. Cukup mudah cara memasang Garmin Fr 920 XT ini karena tinggal tempelkan ke stang sepeda yang kita punya.

 

LEAVE A REPLY